Ketahui Beberapa Cara Sukses Usaha Gym yang Tak Boleh Dilewatkan

ALATFITNESIMPORT.COM – Berolahraga di tempat kebugaran atau biasa disebut gym saat ini menjadi trend baru bagi masyarakat di berbagai kalangan. Hal ini karena meningkatnya kesadaran untuk hidup sehat dan berkurangnya aktivitas fisik yang dilakukan oleh banyak orang. Hal ini tentu membuat bisnis gym kembali menjamur di berbagai daerah di seluruh negeri. Lantas bagaimana cara sukses usaha gym sebenarnya?

Teknologi memudahkan semua yang dilakukan oleh manusia dan membuat aktivitas fisik jauh berkurang dari era sebelumnya. Saat ini ketika hendak berpindah tempat saja sudah menggunakan sepeda motor atau mobil yang membuat malas untuk berjalan kaki atau bersepeda. Gym adalah salah satu tempat dimana manusia bisa menjaga kesehatan tubuhnya.

 

Jadwal Rutin Gym Setiap Minggunya

 

Jika membangun usaha gym akan bergantung pada seberapa sering pelanggan berolahraga di tempat tersebut. Jadi perlu diperhatikan dulu bagaimana pola fitness yang baik dengan cara yang benar agar para pemula bisa mau bertahan. Tujuan utama fitness sebenarnya bermacam-macam dan memiliki pola latihan yang berbeda pula.

Ada yang datang untuk membentuk otot, ada pula yang hanya ingin menguruskan badan dimana treatment yang salah bisa merusak semuanya. Fitness idealnya dilakukan secara rutin 3-4 kali setiap minggu sehingga memang tidak setiap hari tempat fitness akan ramai. Jadwal ini juga berperan penting untuk membuat pelanggan bisa tetap melakukan aktivitasnya.

Sebenarnya, kebiasaan berolahraga baru bisa diterima tubuh dan mulai terbiasa setelah melewati waktu 21 hari atau tiga minggu. Ini menjadi PR penting bagaimana membuat pelanggan baru betah selama jangka waktu tersebut. Pastikan informasi ini juga diperhitungkan oleh setiap personal trainer di gym nantinya.

 

Cara Sukses Usaha Gym Tanpa Merasa Keberatan

 

Gym adalah salah satu tempat untuk berolahraga yang bisnisnya tidak bisa dilihat dalam jangka waktu 1-2 tahun saja tetapi lebih stabil. Bisnis ini meskipun terlihat tidak begitu menguntungkan, tetapi pasang surut keuntungan tidak akan terlalu jauh dan lebih aman. Lantas bagaimana cara sukses usaha gym yang bisa dilakukan agar bisa menikmati prosesnya?

1. Mencintai Dunia Fitness dan Gym Lebih Dulu

Banyak yang bilang jika bekerja paling nyaman adalah bekerja pada bidang yang disukai, begitu pula dengan usaha ini. Cara sukses usaha gym yang pertama adalah jatuh cinta terlebih dahulu supaya semua yang dilakukan bisa sesuai dengan passion dan keinginan.

Kecintaan pada bidang tertentu pastinya akan membuat ketertarikan tersendiri untuk bisa mulai mendirikan usaha di bidang itu. Keinginan itu tentu berhubungan dengan keinginan egois untuk tempat melakukan olahraga tersebut di tempat milik sendiri. Lebih jauh lagi, ketika memulai usaha fitness, juga perlu dipikirkan bagaimana menarik orang-orang untuk bisa menikmati tempat yang sudah didirikan.

2. Tentukan Segmentasi Pasar

Jika selama ini bisnis gym hanya tentang para pecinta olahraga angkat besi saja tanpa ada perbedaan pasar di dalamnya, itu semua salah besar. Usaha gym adalah jenis usaha yang bisa memberikan perbedaan dari setiap pelanggan yang menjadi target marketing, Tentunya ini juga berkaitan dengan pelayanan yang akan diberikan, desain interior, dan juga harga membership nantinya.

Secara garis besar, gym sendiri saat ini terbagi menjadi dua jenis segmentasi pasar yaitu di kelas menengah atupun kelas atas. Perbedaan utama yang paling menonjol contohnya dapat dilihat di fasilitas kecil seperti handuk yang disediakan di kelas atas saja. Tetapi tidak perlu khawatir, selama pelayanan yang sangat baik, maka rekomendasi dari rekan akan membawa pelanggan sendiri.

3. Mencari Tempat Strategis dengan Luas Minimal 300 m Persegi

Tidak banyak yang tau sebelumnya mungkin berapa luasan bangunan yang pas untuk memulai usaha gym ini. Salah satu cara sukses usaha gym harus memperhatikan tempat yang memiliki luasan minimal 300 meter persegi mengingat peralatan yang cukup banyak. Biaya yang dikeluarkan untuk sewa tempat juga harus diperhitungkan dengan matang karena cukup mahal.

Menyewa atau membeli bangunan akan bergantung pada modal yang dimiliki dengan keuntungannya masing-masing. Tetapi yang paling penting adalah posisi gym harus sangat nyaman misalnya tidak terkena banyak polusi udara ataupun bising. Selain itu, perhatikan juga kemudahan akses menuju ke tempat gym sehingga pelanggan tidak kesulitan nantinya.

4. Menemukan dan Menentukan Kualitas dan Spesifikasi Alat

Sebenarnya, kualitas alat ini akan berhubungan dengan segmentasi pasar yang sudah dibahas sebelumnya. Peralatan dengan harga lebih tinggi tentu memiliki kualitas lebih baik dan bisa disesuaikan dengan harga membership yang juga lebih tinggi. Tetapi semua tentang keuntungan dan target pasar yang ingin diraih jadi jangan hanya fokus pada kualitas saja.

Jika mau berpikir lebih jauh, peralatan gym juga memerlukan perawatan dan maintenance dalam kurun waktu tertentu. Hal ini juga harus diperhatikan agar bisa diperhitungkan berapa biaya yang kemungkinan akan dikeluarkan. Kerusakan pada alat bisa memberikan pengeluaran yang besar dan cukup menguras keuntungan nanti.

5. Menggunakan Instruktur Berpengalaman dan Tanggap

Cara sukses usaha gym selalu tidak terlepas dari personal trainer atau instruktur yang ikut ambil bagian dalam usaha ini. Keberadaan instruktur memiliki fungsinya sendiri selain untuk membantu pelanggan melakukan exercise yang sesuai dengan porsinya.

Fungsi pokok dari personal trainer ini adalah agar pelanggan bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan ketika mengalami kesulitan. Pelanggan juga akan sangat senang ketika personal trainer menghampirinya terlebih dahulu untuk membantu melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

6. Punya Fasilitas Angkat Beban Bukan Segalanya

Satu hal yang perlu diingat dalam bisnis ini adalah bagaimana memenuhi kebutuhan angkat beban untuk membentuk otot saja. Gym yang baik sebenarnya harus bisa menyentuh pasar lebih luas seperti dari kelas aerobik, zumba, wushu, martial arts dan sebagainya.

7. Perhatikan Arus Kas

Bisnis gym di Indonesia memiliki tantangan tersendiri terutama ketika sudah memasuki waktu tertentu seperti Ramadhan misalnya. Omset yang didapat bisa menurun sangat drastis bahkan cukup untuk menutupi pengeluaran saja sudah bisa dibilang beruntung.

Antisipasi awal menjadi penting dan juga berimbas pada penyesuaian harga gym setiap bulannya. Akuntansi keuangan memegang peran sentral dalam arus kas ini dimana ketika salah sedikit, bukan tidak mungkin akan rugi. Kepandaian menarik pelanggan juga bisa digunakan saat waktu tertentu itu seperti memberi diskon atau edukasi efek jika berhenti dalam kurun waktu tertentu.

Jadi itulah dia beberapa cara sukses usaha gym yang bisa ditiru dan diaplikasikan sendiri. Bagaimana, cukup rumit bukan? Jika merasa semua tips tersebut terlalu berat maka sudah ada mitra membangun gym dengan hanya menanam modal investasi saja. ReFIT sudah pasti berpengalaman menciptakan gym yang sukses dengan keuntungan per bulan hingga ratusan juta rupiah lho!

Membangun Usaha Gym Fitness dengan Bermitra

Ketika hendak membuka usaha baru, saat ini tidak perlu repot mengurus semuanya dari awal. Ada juga opsi untuk menjadi investor saja dengan keuntungan yang besar tiap bulannya tanpa perlu banyak memikirkan usaha yang dijalankan. Tetapi perlu diperhatikan dalam memilih mitra mengingat modal untuk membuka gym baru tidak murah.

Pastikan untuk mengecek latar belakang dari mitra yang akan dipakai serta track record bisnis yang sudah dijalankan sebelumnya. Akan lebih baik saat mitra sudah memiliki berbagai cabang di berbagai tempat sehingga tingkat kepercayaan akan lebih tinggi. Model bisnis mitra kerja ini akan memberi banyak keuntungan dan ikut berperan dalam peningkatan kesehatan.

Dapatkan harga dan penawaran khusus apabila membeli di toko kami. Alat Fitnes Import

Hits: 11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *